Sabtu, 29 November 2008

Perubahan - Perubahan Regulasi untuk Musim 2009

FIA telah membuat perubahan-perubahan regulasi untuk musim 2009, hasilnya bisa dilihat pada sesi uji coba yang baru saja dihelat di Barcelona, Spanyol pada tanggal 17-19 November kemarin.

Perubahan-perubahan yang sangat ekstrim tersebut juga bakal membuat atmosfer Formula 1 kian memanas. Karena dari beberapa tim, ada yang telah sangat siap dengan perubahan regulasi tersebut, dan ada yang masih mengutak-atik untuk dapat menemukan setelan yang pas. Ini akan membuat aroma persaingan akan merata (tidak hanya Ferrari dan McLaren saja yang bertarung). Jadi, bukan tidak mungkin bahwa tim seperti BMW Sauber bisa menjadi juara musim depan. Karena mereka telah sangat siap dengan perubahan regulasi tersebut. Perubahan ini ditujukan untuk meningkatkan daya tahan mobil, juga untuk penghematan biaya tiap tim.

Dimana perubahan-perubahan Regulasi tersebut diantaranya..
1. KERS (Kinetic Energy Recovery System)
Mulai tahun depan, para pembalap Formula 1 memiliki "power boost" seperti di A1. Dengan KERS, energi kinetik yang keluar pada saat pembalap melaju kecepatan penuh, akan tersimpan pada saat memasuki tikungan. Energi kinetik pada mobil akan tersimpan pada Roda Gila KERS. Dan energi yang tersimpan ini bisa digunakan sewaktu-waktu oleh pembalap dengan menekan tombol "Boost Button" pada setir.

2. Ban Slick
Setelah 10 tahun lebih menggunakan ban beralur, akhirnya ban slick (ban polos) kembali digunakan pada F1. Sebagai langkah untuk meningkatkan performa mekanis daripada aerodinamis. Dengan ban polos, cengkeraman ban
akan meningkat 20 persen sehingga mobil bisa melaju tanpa khawatir ban akan menipis.
Ini sebagai "ganti rugi" regulasi aerodinamika yang dibatasi.

Ban Slick (tanpa alur)

3. Aerodinamika
Mungkin sisi inilah yang merupakan perubahan terbesar pada F1 musim depan. Tidak ada lagi tambahan item seperti Winglet, Barge Board, Turning Vanes, dan Chimney. Sehingga mobil
F1 akan terlihat lebih "bersih". Perubahan ini dilakukan untuk memudahkan penyalipan tanpa mudah terkena turbulensi.

BMW Sauber (dengan sayap depan dan belakang sesuai regulasi baru)

Perubahan yang signifikan terlihat pada sayap depan dan belakang mobil. Dimana sayap depan menjadi lebih rendah (75mm dari 150mm), dan juga lebih lebar
(lebih dari 1400-1800mm). Sayap belakang juga menjadi lebih tinggi (lebih tinggi 150 mm),
dan juga lebih sempit(750mm dari 1000mm). Semua perubahan pada aerodinamika ini dimaksudkan
untuk meningkatkan downforce.

4. Pemakaian Mesin
Pada musim depan, mesin yang digunakan harus sama untuk 3 sesi (latihan, kualifikasi, dan race)

5. Testing
Pada musim lalu, test mobil yang dilalui mencapai 30.000km tiap event, tapi untuk musim depan dikurangi menjadi 20.000km. Ini dimaksudkan untuk lebih penghematan biaya.